pura goa lawah

Pura Goa Lawah


Pura Goa Lawah merupakan salah satu Tempat Wisata Bali yang paling populer, dengan pura laut yang indah dan fitur kompleks yang dibangun di sekitar mulut gua yang ditinggali oleh sekawanan kelelawar dan namanya berarti Gua Kelelawar. Pura ini didirikan pada abad ke-11 oleh Mpu Kuturan, salah satu pendeta awal yang meletakkan dasar-dasar Hinduisme di pulau ini. Goa Lawah terletak di desa Pesinggahan, kecamatan Dawan, berbatasan dengan kabupaten Klungkung dan Karangasem. Landmark ini adalah salah satu tempat pertama yang dikunjungi dalam tur ke Candidasa dan wilayah timur lebih jauh dalam kabupaten Karangasem.

Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah menawarkan pengalaman spiritual yang mendalam bagi para pengunjungnya. Saat memasuki kompleks pura, Anda akan disambut oleh suasana yang tenang dan damai. Arsitektur pura yang megah dan detailnya yang rumit mencerminkan keindahan seni dan keagungan agama Hindu. Di tengah kompleks, terdapat sebuah gua yang menjadi pusat perhatian. Gua ini dipercaya sebagai tempat tinggal dari Dewa Naga Basuki, yang dianggap sebagai pelindung pulau Bali. Keberadaan gua ini memberikan daya tarik unik bagi para pengunjung, karena mereka dapat melihat secara langsung kehidupan kelelawar yang hidup di dalamnya.

Kelelawar merupakan simbol penting dalam kepercayaan Hindu. Mereka dianggap sebagai makhluk suci yang membawa keberuntungan dan perlindungan. Di Pura Goa Lawah, kelelawar dihormati dan dijaga dengan baik oleh para pendeta dan pengunjung. Setiap hari, ribuan kelelawar keluar dari gua untuk mencari makanan di sekitar pura. Pemandangan ini sangat menakjubkan dan menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Tempat Goa Lawah Adalah Salah Satu Tempat Menarik Di Bali Yang Terkenal Terletak Dekat Bank Hilly Sehingga Disebut Reef Of Middle Hill

Selain keindahan alam dan kehidupan kelelawar yang menarik, Pura Goa Lawah juga memiliki nilai sejarah yang penting. Pura ini didirikan oleh Mpu Kuturan pada abad ke-11, saat Hinduisme pertama kali diperkenalkan di Bali. Mpu Kuturan adalah salah satu pendeta awal yang membawa ajaran agama Hindu dari Jawa. Dengan mendirikan Pura Goa Lawah, ia berusaha untuk memperkuat kehadiran agama Hindu di pulau ini. Sejak itu, pura ini telah menjadi tempat suci bagi umat Hindu dan tujuan ziarah bagi para peziarah.

Lokasi Pura Goa Lawah yang strategis membuatnya menjadi salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi di Bali. Pura ini terletak di dekat pantai Candidasa, yang merupakan tujuan populer bagi para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan laut yang indah dan aktivitas menyelam. Selain itu, pura ini juga merupakan pintu gerbang menuju wilayah timur Bali, termasuk kabupaten Karangasem yang terkenal dengan keindahan alamnya. Para wisatawan yang berkunjung ke Pura Goa Lawah sering kali melanjutkan perjalanan mereka ke tempat-tempat seperti Tirta Gangga, Amed, dan Gunung Agung.

Pura Goa Lawah Menyelami Keajaiban Alam dan Budaya Bali

Dalam perjalanan menuju Pura Goa Lawah, Anda akan melewati desa-desa tradisional yang indah dan melihat kehidupan sehari-hari penduduk setempat. Anda juga dapat menikmati keindahan alam Bali yang masih asli, dengan sawah yang hijau dan perbukitan yang menakjubkan. Perjalanan ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan, karena mereka dapat merasakan kehidupan dan budaya Bali yang autentik.

Pura Goa Lawah adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman. Anda dapat menjelajahi kompleks pura, mengagumi arsitektur yang indah, dan merasakan kedamaian yang terpancar dari tempat ini. Anda juga dapat mengamati kehidupan kelelawar yang unik dan mengambil foto-foto yang menakjubkan. Jangan lupa untuk menghormati tempat suci ini dan mengikuti aturan yang berlaku.

pura goa lawah

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman spiritual yang mendalam di Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Goa Lawah. Tempat ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang kaya. Dengan mengunjungi pura ini, Anda akan merasakan keajaiban dan kekuatan agama Hindu yang ada di pulau ini. Goa Lawah adalah tempat yang mempesona dan penuh makna, yang akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Goa Lawah Temple Entrance Ticket

Adult : IDR 25,000
Children : IDR 15,000
Sarong and Sash Rental : IDR 5.000
Opening Hours : 08.00 AM – 06.00 PM

Related Posts